Mi'rojul Ridwan saat mengambil race pack GFR 2024 di Gedung Balai Pemuda Surabaya

Juara SAC Indonesia Mi'Rojul Ridwan Ramaikan Green Force Run 2024

Mi'rojul Ridwan siap meramaikan Green Force Run (GFR) 2024. Juara kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air, SAC Indonesia, tersebut bakal bersaing di kategori 5K GFR 2024 . Ridwan -begitu ia kerap disapa- akan membuat persaingan di kategori jarak jauh semakin sengit. 

Meskipun usianya masih muda, lulusan MAN 5 Bojonegoro tersebut cukup fenomenal dalam perlombaan lari jarak menengah dan jauh. 

Ridwan adalah juara National Championship dari middle distance 1.000m di SAC Indonesia 2023, liga atletik pelajar yang juga dikelola oleh DBL Indonesia. Karena meraih podium pertama di kompetisi tersebut, Ridwan mendapat reward dengan menjadi bagian dari skuad Champion SAC yang melakukan training camp ke Tiongkok, April lalu.

Masih di tahun yang sama, anak didik Aries Rizani tersebut juga meraih medali di Porprov 2023 untuk lari jarak jauh. Sehingga, turun di kategori 5K hingga 10k dalam event lari menjadi santapan rutinnya. 

Baca Juga: David Kibet Pelari Asal Kenya Siap Taklukan Half Marathon Green Force Run 2024

"Pas tahu ada Green Force Run, wah langsung daftar, karena kebetulan saya memang pelari jarak jauh. Dikenal jadi pelari jarak menengah karena di SAC Indonesia, hahaha," kelakar Ridwan, saat ditemui tim GFR 2024 usai mengambil race pack di Gedung Balai Pemuda, Surabaya. 

Di perlombaan kali ini, Ridwan datang seorang diri. Kebetulan, ia sudah familiar dengan Kota Pahlawan. Ridwan baru tiba di Surabaya pada Sabtu, 22 Juni 2024. Dan mengaku akan langsung kembali ke Bojonegoro usai race pada Minggu, 23 Juni 2024. 

Sebenarnya Ridwan ingin mengajak wakil Bojonegoro yang lain di Green Force Run 2024. Apalagi Bojonegoro terkenal sebagai penghasil pelari jarak jauh. Hanya saja teman-temannya gagal mengamankan slot karena antusias pelari untuk GFR 2024 begitu tinggi. 

"Kemarin alhamdulillah bisa dapat slot 5K, sebenarnya kan teman-teman saya mau ikut. Tapi nggak dapat slot, sudah kehabisan," kata Ridwan. 

Saat ditanya mengenai persiapannya untuk Green Force Run 2024, Ridwan hanya menerapkan beberapa materi rutin yang diberikan pelatihnya. Mulai dari interval hingga longrun. Apalagi Ridwan ternyata mengetahui ada pelari jarak jauh lain yang juga mendaftar kompetisi ini. 

Baca Juga: Sejarawan Ady Setyawan Apresiasi Rute GFR 2024: Cocok Sebagai Rangkaian HJKS

"Ada beberapa nama yang bagus-bagus ikut kompetisi ini juga, tapi semoga bisa dapetin Personal Best (PB). Target saya mungkin 5K bisa selesai 16 menit 12 detik. Soalnya PB saya di nomor ini 16 menit 20 detik, semoga bisa ya," tuturnya. 

Ada lebih dari 3.500 pelari dari tujuh negara siap bersaing memperebutkan trofi dan medali. Jumlah tersebut berasal dari beberapa kategori yang dilombakan dalam Green Force Run 2024, yakni 21K (half marathon), 10K, 5K, Family Run (2,5K), hingga Kids Dash. 

Selain Indonesia, ada pelari dari  India, Japan, Kenya, Filipina, Australia, hingga The Island of Jersey, yang siap memanaskan persaingan.

Green Force Run 2024 akan start dari Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Event lari yang dihelat DBL Indonesia dan masuk dalam kalendar Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ini akan melintasi banyak landmark penting Surabaya. 

Dari Tugu Pahlawan, mereka akan melewati beberapa monumen, seperti Monumen Bambu Runcing, Kya-Kya, Monumen Kapal Selam, kawasan Kota Tua, dan masih banyak lagi. Nah, seperti apa keseruannya besok? Jangan lupa hadir untuk mendukung pelari jagoanmu, ya! (Jingga Irawan)