Sosok Fadhil Dwinanda saat mengambil racepack Green Force Run 2024

Dari Aceh sampai NTB Siap Tuntaskan Rute Baru Green Force Run 2024

Euforia Green Force Run 2024 tak hanya merebak di sekitar Surabaya atau Jawa Timur saja. Melainkan juga sampai ke seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. 

Hal itu terlihat dari partisipant event tahunan ini. Hingga saat ini, Green Force Run 2024 tercatat diikuti oleh peserta dari 7 negara berbeda.

Peserta dari Indonesia juga datang dari 23 Provinsi di Indonesia. Ada 47 kota sampai 71 kabupaten di Tanah Air. 

Green Force Run 2024 akan membayar rasa penasaran runner terhadap rute baru yang lebih seru. Seperti diketahui, Green Force Run 2024 punya rute berbeda dari dua edisi sebelumnya. 

Event lari yang yang dihelat DBL Indonesia dan masuk dalam kalendar Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ini akan start di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu, 23 Juni 2024.

Dari Tugu Pahlawan, peserta akan melintasi ikon-ikon kota Surabaya yang lain. Di antaranya, Monumen Bambu Runcing, Kya-Kya, Monumen Kapal Selam, kawasan Kota Tua, dan masih banyak lagi. 

Fadhil Dwinanda merupakan salah satu peserta yang sudah mengamankan satu slot di Green Force Run 2024. Ini merupakan kali kedua pelari asal Lhokseumawe, Aceh tersebut mengikuti Green Force Run. Namun, karena dengan rute baru, Fadhil mengaku lebih penasaran dengan Green Force Run 2024.

Baca Juga: Tak Pernah Absen Ikut Green Force Run Sejak 2019

Fadhil siap turun di kategori half marathon (21 kilometer). Menariknya, ini menjadi kali pertama ia ikut serta di nomor tersebut. "Memang pengen pecahin lari 21 kilometer di event ini, sebelumnya di bawah itu, biasanya 10K," tutur Fadhil. 

Untuk mengikuti Green Force Run 2024, Fadhil berlatih rutin selama dua bulan penuh. Meskipun tak ada jarak yang begitu jauh. Hanya easy run saja, katanya. 

Awalnya, Fadhil mengikuti event lari karena FOMO dengan teman-temannya. Sampai membeli sepatu khusus. Namun, pria berusia 29 tahun tersebut akhirnya ketagihan. Dan sering mengikuti beberapa kompetisi berlari lokal.

"Di Aceh nggak pernah ikut lari, malah ikutnya di Surabaya begini," katanya.

Fadhil menyebut bahwa Geen Force Run merupakan salah satu event yang ramah untuk pelari pemula maupun rekreasi. Apalagi, sepanjang event diramaikan dengan hiburan-hiburan khusus.

"Soalnya kan kalau banyak hiburan, nggak kerasa capeknya, semoga Green Force Run diadakan rutin," tandasnya.

Baca Juga: Naik Kelas! Fahrul Rozi Siap Taklukkan Rute Half Marathon GFR 2024

Hal serupa juga diamini oleh Saferi Budiman. Yup, pria yang biasa disapa Budi tersebut berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Di Green Force Run 2024 Budi memilih kategori lomba 21K. Menariknya, Green Force Run 2024 menjadi ajang pertamanya mengikuti event lari.

"Saya mulai rutin lari itu tahun lalu. Ikut GFR (Green Force Run) ini jadi kesempatan saya pertama dan langsung pilih half marathon," ujarnya.

Turun di kategori half marathon ternyata sudah diniati oleh Budi sejak lama. "Seandainya GFR ada yang full marathon ya saya ambil itu. Ya, dibuat pemanasan aja sama persiapan buat event-event selanjutnya," ungkapnya.

Datang jauh dari Lombok ke Surabaya, Budi bukan tanpa modal. Sebelumnya ia sudah mempersiapkan untuk terjun di GFR 2024. "Jadwal GFR ini kan sudah ada dari lama. Kebetulan juga ada keperluan buat ke Surabaya jadinya sekalian," imbuhnya.

Baca Juga: Antusias Datang Ambil Race Pack Green Force Run Sejak Pagi

Rasa penasaran Budi menaklukkan rute half marathon Green Force Run 2024 begitu besar. Meskipun bakal menjadi "rookie" di kelas tersebut, Budi percaya bisa finis under cut off time.

"Sebenarnya ikut half marthon itu penasaran aja bagaimana rasanya capek-capek gitu hahahaha," terangnya.

Budi tidak sendiri ada beberapa temannya yang juga terjun di Green Force Run 2024. Tapi, teman-temannya bukan berasal dari Lombok. 

"Yang dari Lombok itu cuman saya aja. Lainnya dari Surabaya dan ada yang empat orang ikut 10K," tutupnya.

Rangkaian acara Green Force Run 2024 telah dimulai. Dibuka dengan pengambilan race pack yang dilakukan selama empat hari, 19-22 Juni 2024 di Gedung Balai Pemuda, kompleks Alun-Alun Surabaya.

Selama pengambilan race pack, panitia juga menyuguhkan berbagai acara seru. Ada berbagai games seru yang dihadirkan sponsor dan partner Green Force Run 2024 yang bisa diikuti gratis oleh siapapun.(Jingga Irawan/Louise Dewangga)